Jumat, 29 Maret 2013

Klasifikasi Jenis Hunian Berdasarkan Bahaya Kebakaran

Klasifikasi Jenis Hunian Berdasarkan Bahaya Kebakaran

Klasifikasi ini berkaitan dengan pemasangan sprinkler dan suplai airnya saja. Pengklasifikasian ini didasarkan pada kemudahan terbakarnya barang-barang yang ada pada gedung.
Hunian bahaya kebakaran ringan (Light Hazard Occupancies)
Yaitu gedung atau bagian dari gedung yang memiliki kuantitas dan keterbakaran isi gedung rendah dan kecepatan pelepasan panas dari api rendah. Contohnya adalah sekolah, rumah sakit, museum, perpustakaan, kantor, tempat tinggal, area tempat duduk restauran, teater, dan auditorium.
Hunian bahaya kebakaran sedang (Ordinary/Moderate Hazard Occupancies)
Jenis ini terdiri dari dua golongan, yaitu:
Group I adalah gedung atau bagian dari gedung yang memiliki kuantitas dan keterbakaran isi gedung sedang, dan timbunan benda-benda yang mudah terbakar tidak lebih dari 8 ft (2.4 m), kecepatan pelepasan panas dari api sedang. Contohnya tempat parkir mobil, pabrik roti, pembuatan minuman, pengalengan, pengolahan susu, pabrik elektronika, tempat cuci pakaian, dan pabrik gelas.
Group II adalah adalah gedung atau bagian dari gedung yang memiliki kuantitas dan keterbakaran isi gedung sedang, dan timbunan benda-benda yang mudah terbakar tidak lebih dari 12 ft (3.7 m). Contohnya gudang cold storage, pabrik pakaian, tumpukan buku perpustakaan, percetakan, dan pabrik tembakau. 
Hunian bahaya kebakaran tinggi (Extra/High Hazard Occupancies)
Yaitu gedung atau bagian dari gedung yang memiliki kuantitas dan keterbakaran isi gedung tinggi dan memiliki cairan, bubuk, kain, atau benda lainnya yang mudah terbakar (baik flammable maupun combustible), sehingga kecepatan pelepasan panas dari api sangat tinggi. Jenis ini terdiri dari dua group, yaitu:
Group I adalah hunian bahaya kebakaran tinggi yang tidak atau hanya sedikit mengandung cairan yang flammable atau yang combustible.
Group II adalah hunian bahaya kebakaran tinggi yang mengandung cairan yang flammable atau yang combustible dalam jumlah sedang.
klasifikasi jenis hunian berdasarkan bahaya kebakaran
klasifikasi jenis hunian berdasarkan bahaya kebakaran

Demikian artikel singkat dari kami, semoga bermanfaat dan dapatkan info produk Smoke Detector hanya disini..

Ruko Poris Indah Blok A9A No 1A
Poris Indah
Tangerang
No Telp (021)5547057

Tidak ada komentar:

Posting Komentar